Apa Itu RAB Dari Jasa Arsitek?

RAB (Rancangan Anggara Biaya), RAB biasa kita temukan dalam suatu proyek bangunan. Jasa arsitek atau jasa desain arsitektur pasti sudah akrab dengan istilah ini. bagi anda yang belum paham mengenai seluk beluk dari proyek bangunan, di bawah ini ada pengertian tentang apa itu RAB, antara lain :

  1. Apa itu RAB

RAB (Rancangan Biaya Anggara) adalah daftar perhitungan dari berbagai jumlah biaya yang dibutuhkan dalam proyek pembangunan. Proyek pembangunan ini bisa beragam, mulai dari hunian, bangunan sosial dan lain-lain. RAB telah disusun berdasarkan jenis pekerjaan dalam suatu proyek dan juga material dari bangunan tersebut. Dari semua total biaya yang diperlukan kan di hitung berdasarkan upah pekerja dan harga bahan material.

Apa Itu RAB Dari Jasa Arsitek1

  1. Menyusun RAB

Dalam menyusun Rancangan Biaya Anggaran, ada beberapa cara yang dilakukan, yang pertama menyusun daftar dari pekerjaan awal sampai proyek itu selesai. Daftar pekerjaan ini seperti membersihkan lahan, membuat pondasi, sampai akhir dari pembangunan tersebut.

Upah bagi pekerja dihitung berdasarkan luas bangunan, upah tersebut akan berbeda-beda tergantung jenis pekerjaannya.

Apa Itu RAB Dari Jasa Arsitek

Selanjutnya arsitek akan menghitung harga dari bahan material bangunan. Jasa arsitek tentunya sudah memahami tanpa perlu melakukan survey ke lapangan. Terkecuali bila masih membutuhkan survey ke toko bangunan. Seorang arsitek akan menghitung berapa banyak material yang dibutuhkan.

Selanjutnya menganalisa, arsitek harus mengacu pada harga satuan SNI. Analisa dengan pengaturan ini dapat di unduh dengan mudah. Setelah selesai menganalisa, barulah memasukannya ke daftar table yang terakhir baru dihitung total dari semua kebutuhan proyek bangunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *